Berita PDAMBerita TerkiniKehumasanUncategorized

Visi Misi Dirum Baru PDAM Tirta Bhagasasi

IMG_4625Direktur Umum Baru PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi, Ir Ulan Ruslam MM.

Dukungan Divisi Umum Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan
Dengan Memanfaatkan dan Mengoptimalkan Teknologi Informasi/ Digital

LANDASAN PEMIKIRAN

Divisi umum dalam sebuah organisasi sering kali diartikan sebagai divisi pendukung yang kurang diperhitungkan peranannya dalam meningkatkan kinerja organisasi. Peran yang diminta umumnya lebih kepada menyediakan kebutuhan dari divisi divisi yang berfungsi operasional produksi dan pemasaran.

Didalam organisasi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), divisi umum membawahi bagian umum, bagian keuangan, pembukuan, bagian hukum dan humas dan bagian kepegawaian. Pada era teknologi informasi saat ini, banyak PDAM yang membangun teknologi informasinya. Pengelolaan teknologi informasi biasanya diserahkan pada divisi umum.

Bagian keuangan dan pembukuan didalam pelaksanaan kegiatan cenderung pada fungsi bendaharawan kegiatan operasi.

Bagian hukum dan humas didalam pelaksanaan kegiatan difokuskan pada menjaga perusahaan tidak menyimpang dan taat pada peraturan perundangan yang berlaku serta melakukan komunikasi citra positif perusahaan.

Bagian kepegawaian didalam pelaksanaan kegiatan cenderung pada pengadministrasian hak dan kewajiban pegawai.

Bagian umum didalam pelaksanaan kegiatan cenderung pada penata usahaan dan pengadministrasian inventaris serta pengadaan pada jumlah jumlah kecil yang bersifat mendukung kelancaran operasi perusahaan.

Bagian teknologi informasi, karena merupakan unit kerja baru dalam memanfaatkan perkembangan teknologi digital dalam kegiatan operasinya masih berdiri sendiri sendiri dalam bentuk program program aplikasi yang masih pada tataran penyajian laporan atau data berkaitan dengan kebutuhan unit kerja yang bersangkutan.

Fungsi fungsi keuangan dan akuntansi dapat berperan lebih besar dalam mendukung kemajuan perusahaan bila dikembangkan sedemikian rupa untuk tujuan pengembangan kesehatan keuangan, sumber sumber pendanaan investasi dan replacement aset dengan melakukan kajian dan analisa komprehensive terhadap capaian kegiatan operasi dan pemasaran. Karena pada hakekatnya kondisi kesehatan keuangan perusahaan adalah akibat kausalitas kegiatan operasi produksi dan pemasaran.

Demikian halnya dengan fungsi kepegawaian dengan melakukan upaya upaya yang dapat membentuk dengan dari tataran top eksekutif sampai dengan tataran terendah didalam organisasi dalam rangka mencapai visi besar perusahaan. Kesamaan visi ini akan menjadikan implementasi dari misi yang di tetapkan terdukung secara masif oleh seluruh pegawai didalam organisasi.

Kondisi seperti uraian diatas dapat terjadi melalui pemanfaatan optimal dari teknologi digital dengan mengembangkan teknologi informasi yang baik pada perangkat lunak maupun perangkat keras yang sudah dimiliki. Pengembangan dimaksud diarahkan pada mampu melakukan intrepretasi laporan/data untuk selanjutnya melakukan analisis yang terproses secara digital dengan meningkatkan kemampuan program aplikasi terintegrasi yang telah dan akan dikembangkan.

Dengan demikian peran divisi umum dapat lebih ditingkatkan dengan adanya arus informasi yang cepat, didukung data yang tepat dan akurat dan telah di analisa sehingga pengambilan keputusan dapat dilakukan lebih cepat dan tepat dalam rangka menjadikan PDAM Bhagasasi Bekasi unggul dalam pelayanan.

Dari landasan pemikiran seperti uraian diatas maka :

VISI

Mewujudkan Divisi Umum dengan kinerja prima mendukung peningkatan kinerja perusahaan dengan pemanfaatan dan optimalisasi teknologi Informasi/digital.

MISI

  • Meningkatkan peran divisi umum sebagai divisi pendukung yang handal (dukungan prima)
    Tersedia nya data olahan dari terintegrasinya sistem teknologi informasi yang dikembangkan dalam mendukung pengambilan keputusan yang cepat dan tepat.
  • Meningkatnya kinerja perusahaan dan tingkat kepuasaan unit kerja terkait atas dukungan prima divisi umum.
  • Memanfaatkan teknologi digital dan selalu melakukan pemutakhiran atas teknologi yang digunakan baik pada perangkat lunak maupun perangkat kerasnya.
  • Tingkat kesehatan keuangan yang tinggi yang mampu mendukung operasi, investasi dan pendanaan perusahaan.
  • Terwujudnya SDM yang kompeten, kreative, loyal, komit, disiplin, jujur dan mampu bekerja sama dengan baik..
Guna mewujudkan visi dan misi divisi umum, pegawai di lingkungan Perusahaan Daerah Air Minum Bekasi Tirtabhagasasi harus mempunyai nilai nilai kreativitas, kompetensi, komitmen/tanggung jawab, disiplin, kejujuran dan kerjasama.
TUJUAN

Terbentuknya divisi umum yang handal dan mampu memberikan dukungan yang memenuhi harapan sehingga kinerja perusahaan dapat meningkat dalam memberikan pelayanan prima kepada pelanggan air minum.

SASARAN

Peningkatan kemampuan sumber daya manusia sehingga terbentuk dan dalam upaya memberikan dukungan yang optimal.

STRATEGI ALTERNATIVE

Pengambilan keputusan merupakan aspek vital bagi setiap organisasi. Para pengambil keputusan harus bisa menentukan kebijakan serta tindakan yang dapat mempengaruhi kinerja organisasi secara cepat dan tepat. Keputusan terbaik menentukan arah organisasi ke arah yang lebih baik membutuhkan pengembangan piranti yang tepat dalam menentukan langkah tersebut. Untuk itu strategi alternative yang perlu dilakukan adalah melaksanakan pengembangan sumber daya manusia dan

Business Intelligence Dashboard modern sebagai tools bagi pengambilan keputusan yang cepat dan tepat.

Business Intelligence Dashboard sebagai istilah umum yang kini beredar dalam dunia Manajemen Teknologi Informasi merupakan solusi untuk dengan mudah membaca data mentah yang terhimpun selama ini yang dihasilkan dari aplikasi aplikasi yang berdiri sendiri yang akan diintegrasikan kedalam satu aplikasi yang mampu melakukan evaluasi dan analisis pada aspek teknis, perilaku pelanggan, tingkat performa pegawai dan aspek keuangan secara otomatis sehingga mempermudah pengambilan keputusan.

FAKTOR FAKTOR KEBERHASILAN

Mampu melakukan identifikasi trend, Mampu memberikan gambaran kondisi secara menyeluruh serta menyajikan data secara detil, Mampu menjadi alat handal dalam pengambilan keputusan guna meningkatkan efisiensi, KPI organisasi dapat tersusun dengan cepat dan tepat. Penerjemahan data dalam bentuk analisa visual dapat dilakukan dengan cepat dan tepat. Target serta strategi kegiatan dapat ditentukan dengan mudah dan cepat.

PROGRAM KERJA

  • Meningkatkan kemampuan sumber daya manusia
Peningkatan kemampuan sumber daya manusia dilaksanakan secara terus menerus selama 4 (empat) tahun masa bakti direktur umum. Peningkatan kemampuan dilaksanakan secara bertahap bagi seluruh pegawai yang berdasarkan penilaian perlu ditingkatkan kemampuannya dalam bentuk pelatihan pelatihan baik inhouse maupun pengiriman pegawai ke lembaga-lembaga pendidikan.
Pelatihan ataupun pendidikan bagi pegawai mencakup :
Team Building. Merupakan upaya untuk menumbuhkan keterikatan bahwa seluruh pegawai pada hakekatnya adalah satu tim yang bekerja secara solid untuk kemajuan perusahaan.
Visioning. Merupakan upaya untuk memahami visi besar perusahaan dan seluruh pegawai didalam unit kerja masing-masing akan bekerja dengan visi yang sama. Dari pola kerja ini diharapkan akan terbentuk .
Pemecahan persoalan dan pengambilan keputusan. Merupakan upaya agar pegawai mampu mengenali persoalan pada unit kerja nya dan dampaknya pada seluruh kegiatan pekerjaan sehingga keputusan yang diambil dalam pemecahan persoalan tersebut tepat.
Pelatihan dan pendidikan yang mampu meningkatkan kompetensi karyawan.
  • Penyempurnaan dan pengembangan aplikasi yang sudah ada
Kegiatan dari program ini mencakup peninjauan, pemutahiran, sosialisasi dan pengembangan aplikasi program.
  • Pengintegrasian aplikasi
  • Business Intelligence Dashboard modern berjalan dengan baik. (jon)
JADWAL WAKTU
No
Program
Kegiatan
Waktu pelaksanaan
Th 1
Th 2
Th 3
Th 4
1.
Meningkatkan kemampuan sumber daya manusia
Team Building
Visioning
Pemecahan Persoalan
Peningkatan Kompetensi
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
2.
Penyempurnaan dan pengembangan aplikasi yang sudah ada
Peninjauan
Pemutahiran
Sosialisasi
Pengembangan
X
X
X
X
X
X
X
X
3.
Pengintegrasian Program Aplikasi
Sinkronisasi
Program aplikasi terintegrasi
X
X
X
X
4
Business Intelligence Dashboard
Analisa data otomatis
Visualisasi penyajian data
Rekomendasi Opsi-opsi kebijakan yg harus diambil
X
X
X
X
X
X