DSC_0607

Hari ini (Sabtu – 8/10) PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi, melakukan pemasangan pipa HDPE untuk memperbaiki pipa yang bocor pada hari Sabtu malam lalu (1/10).

Pemasangan pipa yang dilakukan itu, tidak pada jalur pipa lama yang bocor, melainkan dijalur baru yang melewati bawah jembatan penyeberangan yang berada di jalan Raya Industri Cikarang, Tegal Gede.Tidak dilakukannya pemasangan pipa baru dijalur lama, kata Kepala PDAM Kantor Cabang Cikarang Utara, Dadang Hermansyahkarena beresiko akan hal-hal yang tidak diinginkan. Sebab, jalur pipa lama berdekatan dengan pipa-pipa milik Pertamina.

Pipa HDPE itu, lanjut Dadang, berukuran 500 mm dengan panjang keseluruhan kurang lebih 200 meter.
“Ini sebagai solusi untuk pipa yang bocor. Kalau kita perbaiki dijalur lama maka beresiko dan pihak Pertamina tidak akan menjamin,” ucapnya.

Pengerjaan pemasangan pipa yang baru dilakukan itu, tambah dia, diprediksikan memakan waktu sekitar 2-3 hari. Maka itu, selama pemasangan berlangsung, ia mengimbau kepada para pelanggan untuk bersabar. Pasalnya, meskipun air sudah dapat dialirkan kembali ke pelanggan beberapa hari lalu namun belum sepenuhnya maksimal.

Jadi, kata dia, dari pipa lama akan disambungkan ke pipa baru dan disambungkan kembali ke pipa lama yang tidak mengalami kebocoran dan berbentuk lengkungan seperti huruf U. Dipasangnya pipa HDPE, tambah pria yang pernah menjadi tukang gali di PDAM ini, diperkirakan akan lebih kuat dari pipa lama, karena pipa lama adalah pipa besi yang mudah korosi dan jangka waktunya tidak terlalu lama.

“Sekitar berkurang 20-25 liter perdetik akibat kebocoran itu. Semoga saja pemasangan pipa baru cepat dan kembali normal seperti semula,” terang dia ketika ditemui dilokasi kebocoran, Sabtu (8/10). (ayi)