IMG_2258Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi, Usep Rahman Salim, S.Sos, MM dan Direktur Teknik (Dirtek), Drs Arudji Kartawinata sedang meninjau langsung kebocoran pipa PDAM yang berada di jalan Raya Industri Cikarang (Tegal Danas), Rabu (5/10).

Adanya kebocoran pipa PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi di jalan Raya Industri Cikarang (Tegal Gede), yang sudah terjadi sekitar lima hari lalu menyebabkan pasokan air yang seharusnya 380 liter perdetik berkurang menjadi 360 liter perdetik untuk wilayah Cikarang Utara dan sekitar. Sehingga, itu mengganggu distribusi air kepada sekitar 100 ribu pelanggan. Kebocoran yang terjadi itu, diduga karena adanya korosi pipa, dimana pipa yang bocor itu adalah pipa lama.

Melihat hal itu, membuat Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi, Usep Rahman Salim, S.Sos, MM dan Direktur Teknik (Dirtek), Drs Arudji Kartawinata turun langsung meninjau lokasi kebocoran pipa, Rabu (5/10).

Pada hari pertama kebocoran itu, PDAM melakukan upaya awal dengan menghentikan distribusi air dari Instalasi Pengolahan Air (IPA) Tegal Gede untuk perbaiki kebocoran, namun butuh koordinasi dengan pihak Pertamina. Karena pipa PDAM berdekatan dengan pipa-pipa milik Pertamina, dimana Pertamina tidak berani menjamin jika nanti terjadi bahaya nasional, apabila pipa gas milik Pertamina terganggu akibat perbaikan pipa PDAM.

Oleh itu, setelah Dirut dan Dirtek PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi tinjau lokasi, sebagai upaya penanggulangan atau solusi, hari ini (Rabu) dilakukan pembuatan jalur pipa baru sekitar 100 meter, yang nantinya dihubungkan ke pipa lama (berbentuk U).

Untuk pembuatan jalur pipa baru, membutuhkan waktu sekitar 3-4 hari, dan air pada hari ini (Rabu) juga akan dialirkan kembali demi memenuhi kebutuhan pelanggan, dengan konsekuensi masih terjadi kebocoran 20 liter perdetik (kebocoran dialirkan ke sungai kalimalang agar tidak menggenangi jalan raya).

Setelah diinstruksikan Dirut untuk menormalkan kembali distribusi air, saat ini daerah Cikarang Kota dan sekitarnya sudah mulai mengalir serta berangsur ke wilayah lainnya dan malam nanti semua layanan pelanggan PDAM di wilayah Kecamatan Cikarang Utara dipastikan kembali normal.

Seperti diketahui, ketika distribusi air di hentikan, PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi melakukan upaya memenuhi air bersih terhadap pelanggan dengan menerjunkan mobil tangki air setiap harinya dibantu pihak Pemerintah Kabupaten Bekasi (Badan Penanggulangan Bencana Daerah). (ayi)