Jawa Barat sukses mempertahankan status juara bertahan setelah keluar sebagai juara umum di PON XX Papua. Perolehan medali kontingen Jawa Barat meninggalkan provinsi-provinsi lain seperti DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Papua.

Berdasarkan data, Jabar menjadi juara umum dengan torehan 353 medali dengan rincian 133 emas, 105 perak, dan 115 perunggu. Hasil ini juga menobatkan Jawa Barat sebagai juara bertahan PON setelah sebelumnya pada 2016 juga menjadi juara umum ketika dilaksanakan di Bandung.

Performa Jawa Barat yang menjadi juara lahir batin tidak terlepas dari kerja keras para atlet dan ofisial pelatih. Selain itu, kunci sukses lainnya terletak pada pembinaan yang dilakukan oleh KONI dan Pemda provinsi maupun kabupaten/kota.

“Jabar telah memiliki sistem pembinaan olahraga mulai dari usia dini seperti digelarnya Pekan Olahraga Pelajar Daerah. Tingkatan kejuaraan tersebut dimulai dari tingkat kabupaten/kota sampai provinsi. Tujuannya adalah untuk mencari bakat-bakat terbaik di bidang olahraga sejak usia dini,” kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Sumber : www.pikiran-rakyat.com