Tol Cibitung-Cilincing Siap Diresmikan Juni 2022 - PERUMDA TIRTA BHAGASASI BEKASI

Tol Cibitung-Cilincing Siap Diresmikan Juni 2022

Tol Cibitung-Cilincing Siap Diresmikan Juni 2022

PT Pelabuhan Indonesia menargetkan Jalan Tol Cibitung-Cilincing segera beroperasi untuk seksi I, II, dan III. Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan ruas jalan bebas hambatan tersebut pada Juni 2022.

“Mudah-mudahan bulan depan untuk Seksi 1, 2, dan 3 akan diresmikan Presiden. Ini adalah salah satu proses percepatan pasca merger,” kata Wakil Direktur Utama Pelindo Hambra di Museum Maritim, beberapa waktu lalu.

Ruas Jalan Tol Cibitung-Cilincing akan melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek yang telah memiliki jalan tol lingkar dalam kota dan lingkar luar (Jakarta Outer Ring Road atau JORR) I. JORR I sudah operasional, sedangkan JORR-2 tengah memasuki proses konstruksi.

Proyek Jalan Tol Cibitung-Cilincing bakal membentang sepanjang 34 kilometer. Jalur ini nantinya terbagi atas empat seksi. Seksi pertama terdiri atas Simpang Susun (SS) Cibitung–Gabus Indah sepanjang 12,77 kilometer. Kemudian Seksi 2 meliputi Gabus Indah–Muara Bakti sepanjang 6,05 kilometer.

Selanjutnya, Seksi 3 terdiri atas Muara Bakti–Kanal Banjir Timur sepanjang 10,64 kilometer. Sedangkan Seksi 4 mencakup ruas Kanal Banjir Timur-Cilincing sepanjang 4,56 kilometer.

Nantinya, jalan tol baru ini bakal mendukung akses logistik menuju Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara hingga kawasan industri di sekitarnya. Jalan tol juga akan terhubung dengan Jalan Tol Cimanggis–Cibitung.

(Sumber: tempo)