IMG_3245

Sejak memimpin PDAM Kantor Cabang Cikarang Utara, pada awal Januari 2015 lalu, banyak terobosan baru yang dilakukan Dadang Hermansyah S.AB dengan para punggawa disana, seperti Kepala Seksie Teknik dan Kepala Seksie Hublang.

Salah satu terobosannya itu adalah rehabilitas, seperti rehab pipa, pergantian watermeter dan rehab pipa dinas para pelanggan yang berada di Cikarang Utara dan sekitarnya.

Terobosan itu, dimotori oleh Kepala Cabang, Dadang Hermansyah S.AB, Kepala Seksie Teknik, Drs Toton Munawar dan Kepala Seksie Hublang, Irwan. Ketiga punggawa itu tentunya saling sharing sebelum melakukan rehabilitas terhadap pipa, watermeter dan pipa dinas. Alhasil, dari rehabilitas yang dilakukan mulai Januari 2015 – Desember 2015 banyak sekali kegunaan atau manfaat yang didapat. Seperti penambahan Sambungan Langsung (SL) baru dan peningkatan pemakaian (kubikasi) konsumen lama serta kurangi illegal connection dan mampu benahi illegal connection. Nama lain dari terobosan itu, adalah System Circle.

“Sudah satu kesatuan dan satu pemikiran, dari hasil pemantauan ya kita ambil langkah-langkah, karena banyak pencabutan tidak sempurna. Itu hasil evaluasi dilapangan dan kami pun pelajari jaringan dan seperti ini jalan keluarnya (System Circle). Itu semua satu misi, dari bagian teknik dan bagian hublang dan kita tumpahkan bersama, kebetulan Pak Dadang (Kacab) mendukung,” ucap Kepala Seksie Teknik, Drs Toton.

Dari meningkatnya pemakaian, otomatis DRD meningkat, karena dari sistem tersebut bagi warga yang melakukan illegal connection dan diketahui saat rehabilitas, berinisiatif untuk menjadi pelanggan. Dari total SL sebanyak 14.781 dan lebih banyak pelanggan domestik dengan pemakaian rata-rata dahulunya 22 meterkubik, kini pemakaian disana menjadi 25 meterkubik. Pemakaian rata-rata 25 meterkubik itu terhitung dari Januari – Juli 2016 dan itu hasil dari System Circle yang dilakukan pada tahun sebelumnya.

Kepala Cabang PDAM Cikarang Utara, mengutarakan, bahwa pasokan air yang didapat dari Instalasi Pengolahan Air (IPA) Tegal Gede sebanyak 280 literperdetik, dan itu tidak keseluruhan untuk wilayah Cikarang Utara saja, karena dibagi juga untuk Cabang Lemahabang sebanyak 76 literperdetik dan KCP Sukatani sebanyak 9 literperdetik.(ayi)