BEKASI (IndependensI.com)-  Kebersihan Situ Rawa Bebek di Kota Bekasi yang berbatasan dengan Jakarta Timur, selama ini cukup memperihatinkan.  Kepedulian masyarakat setempat  akan kondisi lingkungan, sangat minim. Sehingga situ menjadi kotor dan kumuh.

Untuk menjaga kondisi situ, Kodam Jaya / Jayakarta melalui Kodim 0507 BS/ Bekasi memprakarsai aksi sosial memberaihkan situ. Kodim bersama dinas instansi lainnya, Minggu (22/7/2028) melakukan kegiatan karya bhakti untuk membersihkan sampah dan sedimentasi Situ Rawa Bebek dan aliran sungai di Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Bekasi Barat Kota Bekasi.

Dalam kegiatan itu sosial tersebut,  Kodim Bekasi  dibantu aparatur kepolisian dari Polres Metro Bekasi Kota, Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Kebersihan, Perum Jasa Tirta II, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane, dan PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi, membersihkan situ.

Mengingat situ yang berbatasan dengan DKI Jakarta tersebut,  membuat petugas Penanganan Prasarana & Sarana Umum Kelurahan Penggilingan, Jakarta Timur ikut serta pula dalam kegiatan gotong royong tersebut.

Dandim 0507 Bekasi, Letkol Arm Abdi Wirawan mengatakan, kegiatan tersebut merupakan program dari Kodam Jaya Jayakarta sebagai wujud pelestarian lingkungan,  serta mengajak masyarakat sekitar untuk mencintai lingkungannya sendiri.

Ia berharap, situ dan aliran sungai yang sudah dibersihkan,  kedepannya dapat dijaga bersama masyarakat dan Pemerintah Daerah.

“Ya pasti akan kita kembangkan lagi, mungkin karena ini situ akan kita kembalikan lagi ke fungsinya selain resapan bisa juga jadi tempat wisata air. Kalau kotor mana mau ada yang datang,” ungkapnya. Dalam kegiatan itu ujar Abdi Wirawan, melibatkan sebanyak 200 personil.

Di tempat sama, Direktur Teknik dan Direktur Umum PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi, Johny Dewanto dan Ulan Ruslan mengapresiasi kegiatan yang dihelat Kodam Jaya  tersebut. Selain membersihkan lingkungan,  ini dapat menciptakan kebersamaan dalam bergotong royong dalam hal positif, katanya.

Menurut Johny, aliran sungai atau situ yang bersih dapat menjaga kesehatan warga sekitar. Ia berharap, pihaknya kut serta dalam melakukan kegiatan seperti ini, karena menjaga lingkungan adalah tanggung jawab bersama karena merupakana kegiatan yang positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Direktur Umum PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi, Ulan Ruslan menuturkan, PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi akan selalu mendukung program-program positif yang dihelat, baik dari Pemerintah, TNI / POLRI, dan lainnya, terlebih kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan seperti sungai.

Ia mencontohkan, terkait lingkungan, pihaknya juga menanam pohon dalam peringatan Hari Air Dunia  yang berlangsung  22 Maret 2018. Penanaman pohon produktif dilakukan di kantor- kanator cabang dan kantor pusat PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi. (jonder sihotang)

 

#pdam #tukangair #tukangledeng #tirtabhagasasi #perpamsi #humas #berita #informasi #kabbekasi #kotabekasi #bekasi #cikarang #2018 #infobekasi #infopdam #layanan #pusatinformasi

Sumber : independensi.com