PDAM Tirta Bhagasasi: Pelayanan Prima Berbasis TI Segera Diimplemantasikan

Sosialisasi dan Implementasi Aplikasi Pelayanan Prima Berbasis Teknologi Informasi di Lingkungan PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi

Setelah mengikuti sosialiasasi pelayanan prima berbasis teknologi informasi (PP/bti) selama dua hari, dan guna mempermudah semua pekerjaan di lapangan sehubungan dengan teknik dan pelayanan di  Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi Bekasi, kepada para petugas terkait agar segera mengimplemantasikan di lapangan.

Dengan penerapan PP/tbi tersebut, apa yang diharapkan terkait pelayanan prima dan cepat, dapat terwujud. Dengan demikian, alur pelaksanaan tugas di lapangan terkait teknik di semua Kantor Cabang dan Kantor Cabang Pembantu PDAM, tepat dan cepat, tidak lagi manual yang memerlukan proses lama.

Penegasan itu disampaikan Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi Iman Nurani, saat penutupan sosialisasi PP/tbi di Balai Teknik Air Minum Direktorat Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Kota Bekasi, Jumat (25/1/2019).

Sebelumnya diberitakan, Kamis (24/1/2019) dilaksanakan sosialisasi dan implementasi aplikasi pelayanan prima berbasis teknologi informasi diikuti para kepala seksi teknik semua cabang dan kepala kantor cabang pembantu se PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi selama dua hari. Pelatihan dibuka Direktur Utama dan Ditektur Umum PDAM setempat, Usep Rahman Salim dam Ulan Ruslan.

Penerapan PP/tbi menyangkut teknik, berbasis teknologi informasi pada akhirnya berdampak positif bagi perusahaan dan pelayanan yang prima kepada masyarakat pelanggan, dapat ditingkatkan. Dengan demikian, visi dan misi PDAM melayani air bersih bagi masyatakat Bekasi, terwujud.

Adapun pekerjaan yang berbasis teknologi informasi, menyangkut pengaduan pelanggan, pemasangan baru, penggantian meter air, pencabutan meter, dan penyambungan kembali berkaitan dengan program PDAM dalam pelaksanaan ‘anggaran berkomitmen’.

Disebutkan, pada intinya, jika semua pekerjaan dilakukan sesuai aturan, dan kehilangan air, penambahan SL dan efisiensi terwujud, akan meningkatkan pemasukan bagi perusahaan dan bermuara pada tingkat kesejahteraan pegawai.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, guna mencapai dan mewujudkan target business plan atau perencanaan bisnis PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi 2018-2023, secara bertahap akan dilakukan berbagai upaya. Untuk tahun 2019, setidaknya ada sembilan prioritas utama yang dilaksanakan.

Kesembilan skala prioritas yang bertemakan anggaran berkomitmen, dibahas dan ditetapkan dalam rapat kerja Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) 2019.

Adapun skala prioritas menyangkut: peningkatan cakupan pelayanan, peningkatan pemakaian air rata-rata setiap pelanggan, mengoptimalkan kapasitas produksi eksisting, menambah jaringan distribusi utama (JDU) dan jaringan distribusi transmisi dan retikulasi.

Peningkatan pelayanan kualitas, kuantitas, kontinuitas (K3) khususnya hubungan pelanggan. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), menurunkan angka kehilangan air, meningkatkan pelayanan melalui phisikologi marketing, dan membangun citra, meningkatkan performance dan branding PDAM. (jonder sihotang)

(Sumber : independensi)