PDAM Cabang Tarumajaya, terhitung tanggal 1 Agustus 2016, mulai mengoperasikan Instalasi Pengolaham Air bersih (IPA) baru, berkapasitas 50 liter per detik. Dengan pengoperasian IPA tersebut, kapasitas air untuk konsumen di daerah yang berbatasan dengan Laut Jawa itu, kini 110 liter per detik.

Sebelumnya, PDAM Cabang Tarumajaya hanya mendapat pasokan air dari PDAM Cabang Pondok ungu dengan kapasitas 90 liter per detik.

Dengan penambahan produksi air tersebut, diharapkan pelayanan terhadap konsumen dapat ditingkatkan, sekalipun masih kurang dibanding jumlah pelanggan yang ada saat ini sekitar 15.000 sambungan langsung (SL).

IPA yang baru, merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, dan selama 24 jam sejak awal Agustus sudah beroperasi.

Penjelasan itu diungkapkan Kepala Seksi (Kasi) Produksi PDAM Cabang Tarumajaya, Amin Buanajasa, baru- baru ini. Walau sudah ada penambahan kapasitas, pihaknya masih tetap mengirim air menggunakan mobil tangki ke beberapa wilayah seperti di Kampung Kramat, Kampung Kelapa karena tekanan air belum sampai ke lokasi sekalipun sambungan sudah sampai kepada pelanggan.

Disebutkan Amin, dari IPA yang baru tersebut harus melalui jaringan pipa sepanjang 9 kilometer menuju Tarumajaya. Sebab, lokasi IPA cukup jauh dan lahannya merupakan hibah dari pengembang perumahan PT Hasana Damai Putra (HDP).

Dengan penambahan kapasitas produksi tersebut, setidaknya kontinyuitas pelayanan air dapat ditingkatkan kepada pelanggan. PDAM akan terus meningkatkan pelayanan air bersih sesuai kapasitas dan kemampuan yang ada, mengingat permintaan air di daerah itu, sangat banyak, katanya
(jonder sihotang)