Berita PDAMBerita TerkiniKehumasan

Layani Masyarakat Tersilosir: PDAM Bangun Pipa di Bawah Sungai Cipamingkis

BEKASI – Setelah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi Bekasi membangun jaringan perpiaan di bawah Sungai Cipamingkis  sepanjang 250 meter berukuran 10 inci, kini air bersih sudah mengalir ke tiga desa yang selama ini terisolir di Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi.

Pembangunan pipa atas biaya PDAM sudah rampung tahun 2019 ini. Uji coba jaringan pipa ke tiga desa tersebut yakni Desa Sirnajati, Desa Ridogalih dan Desa Ridomanah Kecamatam Cibarusah, sudah dilakukan.

“Saat ini air sudah mengalir di tiga desa tersebut, tinggal membangun jaringan ke rumah-rumah warga yang mau jadi pelanggan. Kita harapkan ada pengajuan dari warga setempat menjadi pelanggan dan akan kita realisasikan secepatnya,” ungkap Direktur Utama PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi Usep Rahman Salim, Senin  (22/7/2019).

Sambil menunggu permohonan dari masyarakat jadi pelanggan PDAM, tambah Usep, dalam waktu segera pihaknya akan membangun Hydran Umum di Desa Ridhogalih. Melalui Hydran Umum setidaknya masyatakat sekitar terbantu air bersih, katanya.

Bupati Bekasi   Eka Supria Atmaja saat melakukan kunjungan ke Desa Ridomanah dan melakukan pembagian air bersih kepada masyarakat melalui mobil tangki, pekan lalu, juga menjanjikan akan membangun embung tempat penampungan air di daerah tersebut.

Bahkan, pihaknya juga akan membantu masyarakat melalui program pengadaan air bersih kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), di tiga desa itu, mengingat banyak warga yang kurang mampu.

Terkait program MBR tersebut, Usep Rahman Salim juga mengharapkan Pemkab Bekasi setidaknya bisa merealisasikan pemasangan jaringan untuk keluarga MBR antara 500 sampai 1000 masyarakat.

Sebelumnya, Direktur Teknik PDAM Tirta Bhagasasi Johny Dewanto dan Kepala PDAM Tirta Bhagasasi Cabang Cibarusah, Ganjar Munandar‎, mengatakan, dua bulan terahir ini pihaknya telah melakukan pendistribusian air bersih kepada warga secara gratis, di tiga desa tersebut melalui mobil tangki.

Warga korban kekeringan yang dibantu air, mereka bukan pelanggan PDAM. Dalam pelaksanaan kita kerjasama dengan Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Bekasi.

Sebagaimana diketahui, untuk Desa Sirnajati, Ridogalih dan Ridomanah, Kecamatan Cibarusah, Kabupatrn Bekasi, setiap kemarau terjadi warganya selalu kesulitan air bersih, mengingat daerah tersebut perbukitan yang air tanahnya sangat sulit. Selama ini warga mengambil air dari kali, saluran dan kobak saat musim hujan untuk keperluan sehari-hari. (jonder sihotang)

 

#pdam #tukangair #tukangledeng #tirtabhagasasi #perpamsi #humas #berita #informasi #kabbekasi #kotabekasi #bekasi #cikarang #2019 #infobekasi #infopdam #layanan #pusatinformasi

Sumber : (independensi.com)