Kurikulum Merdeka Dideklarasikan di Kota Bekasi

Kurikulum Merdeka Dideklarasikan di Kota Bekasi

Kemendikbudristek, Februari 2022, resmi meluncurkan Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka adalah metode pembelajaran yang mengacu pada pendekatan bakat dan minat. Para pelajar dapat memilih pelajaran apa saja yang ingin dipelajari sesuai ‘passion’ yang dimilikinya.

Sistem Kurikulum Merdeka menawarkan struktur kurikulum yang lebih fleksibel dan berfokus pada materi esensial sehingga memberikan keleluasaan bagi guru untuk mengajar sesuai kebutuhan dan karakteristik siswa.

Tujuan Kurikulum Merdeka, mengembalikan otoritas sekolah dan pemerintah daerah untuk mengelola sendiri pendidikan yang sesuai dengan kondisi di daerahnya. Juga mempercepat pencapaian tujuan pendidikan nasional menyiapkan tantangan global era revolusi 4.0.

Terkait hal itu, Dinas Pendidikan Kota Bekasi menggelar Deklarasi Percepatan Implementasi Kurikulum Merdeka untuk jenjang PAUD, SD, dan SMP se- Kota Bekasi. Deklarasi dilakukan¬†secara ‘hybrid’ baik yang hadir langsung di tempat maupun via online pada Kamis, (16/2/2023).

“Hal ini menunjukan komitmen Pemerintah Kota Bekasi dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas,” ungkap Plt Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto.

Deklarasi Percepatan Implementasi Kurikulum Merdeka terselenggara berkat kerja sama Dinas Pendidikan Kota Bekasi bersama Balai Besar Peningkatan Mutu Pendidikan Jawa Barat dan Balai Besar Guru Penggerak Jawa Barat. (tim media)