IMG-20160811-WA0004

Guna memperlancar dan meningkatkan debit air baku, PDAM Cabang Pondokungu, Cabang Tarumajaya PDAM Tirta Bhagasasi, Perum Jasa Tita (PJT) ll, dan pengembang perumahan Harapan Indah PT Hasana Damai Putra (HDP), lakukan normalisasi saluran Pondokungu.

Normalisasi menggunakan puluhan tenaga dan dibantu alat berat, tidak hanya untuk memperlancar aliran air baku PDAM, tetapi juga mengatasi banjir di Perumahan Harapan Indah. Normalisasi itu juga bertujuan melakukan perawatan saluran oleh PJT II, yang berwewenang atas saluran tersebut. Penjelasan itu diungkapkan Pjs Kepala Cabang PDAM Pondokungu, Darsono, kemarin.

Saat ini katanya, sejak normalisasi dilakukan, pasokan air baku untuk PDAM Cabang Pondokungu dan Tarumajaya, semakin lancar. ” Debit air bertambah dan produksi di Instalasi Pengolaham Air (IPA), semakin maksimal.

Menurut Darsono, kapasitas IPA Cabang Pondokungu saat ini 450 liter per detik. Air tersebut didistribusikan untuk Cabang Tarumajaya 90 liter per detik, dan untuk Kantor Cabang Pembantu Pondok Ungu Permai (PUP) Cabang Babelan 50 liter per detik.

Sedang sisanya untuk melayani pelanggan di wilayah Pondokungu dengan jumlah pelanggan sekitar 16.000 sambungan langsung (SL), kata Darsono.

Ia juga mengimbau agar masyarakat sepanjang saluran Pondokungu, ikut memelihara saluran tersebut. Selain mengurangi banjir di seputar Perumahan Harapan Indah, dan perkampungan masyarakat setempat, saluran itu juga berfungsi untuk menjaga kontinyuitas pasokan air baku
Sebelumnya, Dinas Tata Kota Bekasi bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) membongkar ratusan bangunan liar sepanjang saluran tersebut. Pembongkaran bangunan liar itu juga bertujuan untuk perbaikan lingkungan karena selama ini sangat kumuh. (jonder sihotang)