Berita PDAMBerita TerkiniKehumasan

Dampak Kemarau: PDAM Bagikan Air Bersih Dua Desa di Kabupaten Bekasi

BEKASI – Lagi, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi Bekasi, untuk kesekalian kalinya,  mengirim dan membagikan air secara gratis kepada dua warga desa di Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi. Kedua desa tersebut adalah Desa Ridogalih dan Desa Ridomanah yang warganya beberapa minggu terakhir ini, kesulitan air bersih dampak kekeringan akibat kemarau.

Pemberian air berisih kepada ratusan keluarga secara cuma-cuma tersebut, dibagikan PDAM bekerjasama dengan Badan Penanggalangan Bencana Daerah (BPDB) Pemkab Bekasi.

“Airnya dari PDAM Tirta Bhagasasi dan mobil tangki disiapkan BPBD Pemkab Bekasi. Sekiranya warga masih kekurangan air, kami siap mensuplai air. Air diambil dari PDAM Cabang Cibarusah yang lokasinya lebih dekat dengan dua desa tersebut,” ungkap Ditektur Teknik dan Kepala Bagian Umum PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi Johny Dewanto dan Lili Subalie, Selasa (25/6/2019).

Sebelumnya tanggal 19 Juni lalu, PDAM juga mengirim satu tangki. Tapi hari ini Selasa, ada tiga mobil tanki karena dampak kekeringan sudah semakin bertambah, tambah Johny.

Setidaknya di Kampung  Bakansirna Desa Ridomanah ada  ratusan kepala keluarga yang kesulitan air bersih. Sama juga di Kampung Sentul RT 02 RW 03, ada 120 keluarga yang kesulitan air, tambah Lili.

Pembagian air ini, sebagai bentuk kepedulian sosial PDAM, kendati warga bukan pelanggan. Bahkan, hal seperti ini sudah menjadi rutin dilakukan setiap tahun saat musim kemarau. Bahkan, saat musim banjir juga PDAM membagikan air bersih untuk masyarakat korban banjir dan umumnya di Kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi, ujarnya.

Kepala PDAM Tirta Bhagasasi Cabang Cibarusah Ganjar Munandar bersama Kabag Hukum dan Humas Yusmet, sebelumnya menjelaskan, tanggal 19 Juni lalu, pengiriman air tersebut atas inisiatif pimpinan mengingat kesulitan warga memperolah air bersih.  Kendati belum ada permintaan resmi dari masyarakat, PDAM proaktif dan tanggap melihat kesulitan air bersih, kata Ganjar.

Yusmet menjelaskan, PDAM Tirta Bhagsasi Bekasi sejak dua tahun silam  sudah  bekerjasama dengan Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Bekasi, terkait penanggulangan bencana khsusnya pengadaan air bersih.

“Sudah menjadi agenda rutin tiap tahun PDAM bantu masyarakat Kota dan Kabupaten Bekasi  menyediakan air bersih saat kemarau dan banjir. Airnya dari PDAM, tapi kita dibantu mobil tangki dari BPBD,” tambah Kasubag Humas PDAM Tirta Bhagasasi Ahmad Fauzi.

Selain Desa Ridogalih dan Ridomanah, beberapa desa lainnya di Kecamatan  Serang Baru, Bojongmangu, dan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi,  juga sering dilanda kekeringan,  dan PDAM Tirta Bhagasasi siap membantu air bersih, tambah Fauzi. (jonder sihotang)

 

#pdam #tukangair #tukangledeng #tirtabhagasasi #perpamsi #humas #berita #informasi #kabbekasi #kotabekasi #bekasi #cikarang #2018 #infobekasi #infopdam #layanan #pusatinformasi

Sumber : (independensi.com)