KontakPDAM Peduli

Call Center

Call center dioperasikan sebagai sebuah ruang lingkup kerja yang terbuka secara luas yang dikerjakan oleh sejumlah agen call center, dilengkapi dengan sebuah work station berupa computer bagi setiap agen, sebuah telepon set/headset yang terhubungan ke jaringan telekomunikasi, dan sebuah atau lebih stasiun pengawas. Call center juga dapat secara bebas dioperasikan atau dihubungkan dengan center tambahan, sering dihubungkan dengan jaringan komputer korporat, termasuk mainframe-nya, microcomputer, dan LAN. Ditambah lagi, jaringan data dan voice yang kemudian dipusatkan melalui sebuah link dengan teknologi baru yang disebut Computer Telephony Integration (CTI). ( Wikipedia )

http://id.wikipedia.org/wiki/Call_center

Guna memperlancar komunikasi dengan pelanggan, perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi pada awal Februari ini meluncurkan Cal Center.

Sistem baru ini diterapkan oleh PDAM Tirta Bhagasasi guna memaksimalkan pelayanan bagi pelanggan. Dengan jumlah pelanggan yang mencapai 154.000 tentu bukan hal yang mudah untuk melayani semua pelanggan tersebut. Namun juga bukan hal yang mustahil untuk memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan.

Adapun sistem yang telah ada adalah Call Center dengan pelayanan operator langsung serta SMS Gateway. Call Center dengan layanan operator terdiri dari tiga line telepon sistem hunting pada nomor

(021)8885 6666

Operator dari Call Center ini akan melayani sesuai dengan jam kerja pada umumnya.

Waktu Layanan Operator Customer Service Langsung

  1. Hari Senin s/d Kamis mulai pukul 08:00 WIB s/d 16:00 WIB
  2. Hari Jum’at mulai seperti hari biasa dengan jeda istirahat dari pukul 11:30 WIB s/d 12:30WIB
  3. Hari Sabtu mulai pukul 08:00 WIB s/d 14:00 WIB

Sistem Operator Pelayanan Otomatis Komputer
Pelanggan dapat menghubungi PDAM Tirta Bhagasasi dengan cara menelepon bagian Customer Service. Sistem ini memiliki dua layanan, yaitu dapat langsung dengan operator dan dapat juga terhubung dengan sistem komputer.

Setiap panggilan yang masuk, kali pertama akan diterima dengan sitem komputerisasi dan kemudian sistem akan membimbing penelepon untuk mendapatkan informasi atau bantuan yang diperlukan.

Menu-menu yang tersedia dalam sistem komputerisasi Call Center adalah sebagai berikut
Greeting:
“Selamat datang di Call Center Pelayanan Pelanggan PDAM Tirta Bhagasasi,”
– Tekan 1 untuk Informasi Tagihan
* Tekan 1 untuk Informasi Tagihan Bulan berjalan,
Masukkan 11 digit nomor sambung pelanggan anda diakhiri tanda #
Nomor Pelanggan Anda adalah [……………………..] tekan 1 jika benar.
Tekan 2 jika salah.
Mohon tunggu sistem kami akan memproses data Anda.
Tagihan Anda di bulan [……………..] adalah sebesar [………………] rupiah.

* Tekan 2 untuk Perincian Tagihan,

Masukkan 11 digit nomor sambung pelanggan anda diakhiri tanda #
Nomor Pelanggan Anda adalah [……………………..] tekan 1 jika benar.
Tekan 2 jika salah
Mohon tunggu sistem kami akan memproses data Anda.
Tagihan Anda di bulan […………], […………], […………] dst adalah sebesar […………] rupiah.

* Tekan 3 untuk mengulang informasi ini
* Tekan 4 untuk kembali ke menu utama, atau
* Tekan 0 untuk mengakhiri.

– Tekan 2 untuk Pelayanan Gangguan
Mohon tunggu sistem kami akan memproses data Anda (dalam proses terhubung dengan operator). Pada saat pengaduan masuk di luar jam kerja, sistem secara otomatis akan meminta nomor sambung pelanggan untuk identifikasi dan kemudian sistem akan mengirimkan melalui SMS nomor telepon serta nomor sambung pelanggan ke nomor telepon yang telah ditentukan (Kepada Cabang Wilayah Pelayanan terkait).
– Tekan 3 untuk informasi lainnya
* Tekan 1 untuk Informasi Penyambungan kembali

Syarat Penyambungan Kembali
1. Melunasi seluruh tunggakan
2. Membayar biaya penyambungan kembali
* Tekan 2 untuk Balik Nama
Syarat Balik Nama
1. Tidak ada tunggakan rekening
2. Fotokopi rekening terakhir
3. Fotokopi KTP
4. Mengisi Formulir Balik Nama
5. Membayar Biaya Balik Nama
– Tekan 4 untuk Informasi Pasang Baru

Syarat Pasang Baru adalah
1. Fotokopi KTP
2. Fotokopi Kartu Keluarga
3. Fotokopi SPPT PBB atau Sertifikat
4. Rekening Listrik Terakhir
5. Materai Rp 6.000,-
6. Mengisi Formulir Pendaftaran dan Surat Pernyataan

Pendaftaran dapat dilakukan di seluruh kantor cabang dan unit wilayah pelayanan. Untuk transaksi pembayaran dapat dilaksanakan di seluruh loket-loket pembayaran.

– Tekan 5 untuk berbicara dengan operator kami

Masukkan 11 digit nomor sambung pelanggan Anda diakhiri dengan tanda #.
Tekan 1 jika benar
Tekan 2 jika salah.
Mohon tunggu sistem kami akan memproses data Anda.