Kenapa Tagihan Air PDAM Saya Bulan Ini Tinggi?

KANTOR PUSAT PDAM TIRTA BHAGASASI

Pelanggan yang kami hormati, berikut ini artikel terkait mengenai tagihan air pelanggan yang lebih besar dari pemakaian rata-rata. Dimana, Perumda Tirta Bhagasasi akan memberikan penjelasan dasar terkait permasalahan tersebut.

Kenapa selama libur lebaran, tagihan air PDAM malah lebih besar padahal air tidak digunakan (rumah kosong/mudik lebaran). Alangkah baiknya pelanggan membaca artikel kami terlebih dahulu bagaimana petugas baca meter mencatat meteran setiap bulannya di rumah pelanggan.

Artikel bermanfaat: Cara Baca Water Meter PDAM

Setelah pelanggan paham cara perhitungan stand awal dan stand akhir, mari bersama kita eksplor beberapa kemungkinan dan penyebab dari melonjaknya tagihan air tersebut.

Cara Membaca Water Meter

Pelanggan dapat melakukan pengecekan rata-rata pemakaian air selama 3 bulan terakhir. Jika rata-rata pemakaian air tidak terlalu jauh berbeda, pelanggan dapat mempelajari cara perhitungan tarif Perumda Tirta Bhagasasi.

Cek Kebocoran Setelah Meter

Cek kebocoran setelah meter seperti:

  • Apakah ada kebocoran pipa di dalam jaringan rumah pelanggan atau keran air yang terbuka selama mudik lebaran?
  • Apakah pelampung otomatis pelanggan masih normal?
  • Apakah stop keran water meter sebelum mudik lebaran sudah dalam keadaan tertutup?

Langkah-Langkah Jika Terjadi Kebocoran Setelah Meter

Jika Anda menemukan kebocoran, segera lakukan langkah-langkah berikut:

  • Tutup Stop keran yang ada pada water meter.
  • Segera panggil tukang untuk memperbaiki pipa yang bocor tersebut.
  • Jangan lupa untuk mencatat stand akhir atau angka yang ada pada water meter setelah pelanggan memperbaiki kebocoran setelah meter tersebut.
  • Jangan ragu untuk melaporkan kebocoran setelah meter tersebut ke kantor cabang terdekat kami.

Artikel Bermanfaat: Cek Kebocoran Setelah Meter

Wilayah Pelayanan Perumda Tirta Bhagasasi

Jika rata-rata pemakaian tidak melonjak dan tidak ada kebocoran, pelanggan dapat mengunjungi langsung kantor Cabang dan kantor Cabang Pembantu terdekat untuk menanyakan langsung perihal stand meter melonjak atau tagihan melonjak tersebut.

Berikut ini wilayah pelayanan Perumda Tirta Bhagasasi

Dengan memahami cara membaca water meter, mengecek kebocoran, dan langkah-langkah yang harus dilakukan jika terjadi kebocoran, pelanggan dapat mengendalikan tagihan air PDAM dan menghindari pengeluaran yang tidak terduga.