Kenapa Air PDAM Di Rumah Saya Keruh?

KANTOR PUSAT PDAM TIRTA BHAGASASI

Air PDAM adalah salah satu kebutuhan pokok yang sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. Namun, seringkali kita mengalami masalah dengan air PDAM yang keruh dan tidak jernih. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya kualitas air yang buruk, adanya perbaikan pipa PDAM, atau masalah pada sistem penyaringan air. Berikut beberapa kemungkinan penyebabnya:

Berikut Ini Penyebab Air PDAM Keruh

Kebutuhan akan air bersih di Kabupaten Bekasi sangatlah tinggi, dimana PDAM sebagai Badan Usaha Milik Daerah memiliki peran penting dalam menyediakan kebutuhan air bersih tersebut. Penyebab sering terjadinya air PDAM Keruh di antaranya:

  • Kualitas air baku yang kurang baik yang menyebabkan proses produksi air terganggu.
  • Setelah perbaikan kebocoran, endapan yang sebelumnya menempel di dasar pipa dapat terlepas dan terbawa aliran air.
  • Terjadi kebocoran pada pipa jaringan dekat dengan lokasi rumah pelanggan yang mempengaruhi kualitas air PDAM tersebut menjadi keruh.
  • Aktivitas pengaturan suplai dan kenaikan tekanan air di jaringan pipa menyebabkan terangkatnya kotoran yang mengendap.

Kami sarankan kepada pelanggan untuk membuka keran air selama beberapa saat sebelum menggunakan air, guna memastikan tidak adanya endapan.

Lalu Bagaimana atau Solusi Mengatasi Air PDAM yang Keruh Tersebut?

Berikut ini beberapa solusi yang dapat pelanggan lakukan:

  • Biarkan air mengalir dari keran selama beberapa saat. Endapan biasanya akan mengendap dan air akan kembali jernih.
  • Pastikan kiri kanan tetangga rumah pelanggan Apakah airnya juga keruh? Jika tidak, pelanggan dapat melaporkannya ke petugas kami.
  • Jika air masih keruh setelah beberapa saat, hubungi petugas kami untuk melaporkan masalah ini. Pelanggan dapat melakukan pengaduan secara online dengan mengirim aduan ke nomor Whatsapp kami: 0821-1559-3625.
  • Jika Anda sering mengalami air keruh, pertimbangkan untuk memasang filter air di rumah.

Bersama Menjaga dan Merawat Kualitas Air Baku

Pelanggan memiliki peran yang besar dalam menjaga kualitas air bersih. Dimana, kita perlu bersama menjaga kebersihan lingkungan sekitar, terutama dalam hal pembuangan sampah dan limbah. Sampah dan limbah yang tidak dikelola dengan baik dapat mencemari sumber air baku dan merusak kualitas air bersih PDAM. Oleh sebab itu, mari Bersama untuk memiliki kesadaran yang tinggi dalam membuang sampah pada tempatnya dan memastikan limbah tidak masuk ke saluran air.

Bersama Menjaga dan Merawat Jaringan Perpipaan PDAM

Selain itu, peran aktif pelanggan penting dalam pemeliharaan dan penggunaan instalasi air PDAM. Mari Bersama untuk melaporkan jika terdapat kerusakan pada saluran air atau saat terjadi tumpahan limbah yang dapat menyebabkan pencemaran air. Hal ini dapat dilakukan dengan menghubungi kami di nomor Whatsapp: 0821-1559-3625 maupun email: customercare@tirtabhagasasi.co.id. Pihak kami akan segera merespon dan  melakukan perbaikan kebocoran tersebut.