Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bhagasasi Cabang Rawa Tembaga tengah menantikan pembangunan Instalasi Pengolahan Air berkapasitas 150 liter per detik yang rencananya akan direalisasikan tahun ini.

“Sudah disetujui untuk dibangun tahun ini, tinggal menunggu realisasinya,” kata Kepala PDAM Tirta Bhagasasi Cabang Rawa Tembaga Sukarto.

Meskipun air bersih produksi IPA baru dengan kapasitas tersebut memadai untuk melayani 12.000 sambungan langsung, PDAM Tirta Bhagasasi Cabang Rawa Tembaga tidak serta merta berekspansi memperluas cakupan pelayanan.

“Airnya hanya cukup untuk pelanggan eksisting yang sudah ada saat ini. Sebab begitu IPA baru kami selesai, pasokan yang selama ini digelontorkan dari Cabang Kota akan dihentikan,” ucapnya.
Selama ini, Cabang Rawa Tembaga mendapat pasokan tambahan sebesar 110-120 liter per detik. Pasokan dari Poncol tersebut menggenapi kapasitas total Cabang Rawa Tembaga hingga menjadi 240-250 liter per detik untuk memenuhi kebutuhan 15.300 sambungan langsung berikut 34 pelanggan meter besar yang selama ini terdaftar sebagai pelanggannya.

“Tapi nantinya pasokan dari Cabang Kota itu akan dialihkan peruntukannya bagi sambungan langsung di wilayah Bantargebang yang sejak tahun lalu sudah dikerjakan pemasangan jaringannya,” katanya.
Sukarto berharap, realisasi pembangunan IPA tersebut tidak terkendala. Dengan demikian, tidak terjadi hambatan distribusi kepada pelanggan manakala pasokan dari Cabang Kota telah dihentikan. (NAY)