SMA Don Bosco 3 Cikarang Belajar Pengolahan Air di Perumda Tirta Bhagasasi

SMA Don Bosco 3 Cikarang Belajar Pengolahan Air di Perumda Tirta Bhagasasi

Perumda Tirta Bhagasasi menerima kunjungan para pelajar dari Sekolah Menengah Atas Don Bosco 3 Cikarang di Kantor Cabang Poncol, Kota Bekasi, Senin (20/5). Sebanyak 49 pelajar SMA kelas 11 itu belajar mengenai proses pengelolaan air.

Kasubag Laboratorium Perumda Tirta Bhagasasi Ruhedi mengatakan antusiasme para pelajar sangat tinggi ketika berkeliling melihat proses penyulingan air dari sumber air baku Kalimalang yang keruh hingga menjadi air bersih.

“Antusiasme anak-anak cukup tinggi. Kami ajak dari mulai proses pengelolaan air yaitu mulai dari air sungai Kalimalang yang keruh sampai jadi air bersih,” ucap Ruhedi.

Kunjungan ini merupakan kunjungan kedua dari SMA Don Bosco 3 Cikarang. Ruhedi berharap kunjungan ini dapat menambah wawasan dan keilmuan para pelajar serta meningkatkan kesadaran untuk lebih menjaga kebersihan sungai sebagai sumber air baku.

“Anak-anak supaya lebih menambah wawasan dan ilmunya tentang penyulingan air dari sumber air baku yang begitu kotor hingga menjadi bersih. Biar lebih menyadari buang sampah sembarang. Karena buang sampah sembarangan itu dapat mengotori air dan mengganggu proses penyulingan air juga. Maka jangan sembarangan buang sampah,” tambahnya.

Sementara, guru pendamping SMA Don Bosco 3 Cikarang, Viktor mengungkapkan kunjungan ini merupakan program rutin sekolah bagi para pelajar kelas 11 yang masuk ke dalam jurusan Ilmu Pengetahuan Alam dan bentuk proses belajar mengajar dil uar kelas.

“Jadi kunjungan ini memang program kami setiap tahun selain untuk menambah wawasan anak-anak memang kami menginginkan proses pembelajaran tidak hanya di dalam kelas. Kami menginginkan anak-anak bisa belajar banyak di luar kelas,” tandasnya. (Tim Media)