Guna meningkatkan pelayanan akan air bersih kepada masyarakat, Direksi PDAM Tirta Bhagasasi akan meningkatkan status kantor cabang pembantu (KCP) Cibarusah menjadi kantor cabang.

Salah satu alasan kuat peningkatan status, mengingat di wilayah palayanan KCP itu terdapat dua wilayah kecamatan yang membutuhkan air bersih. Keduanya Kecamatan Serangbaru dan Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi. Peningkatan status dalam waktu segera dan saat ini dalam tahap persiapan, ungkap Dirut PDAM Tirta Bhagasasi, Usep Rahman Salim.

Saat ini, jumlah pelanggan di KCP Cibarusah tercatat 8.447 sambungan langsung (SL). Namun untuk memenuhi air bersih, air masih disuplai dari Kantor Cabang Cikarang Selatan. Suplai air ke KCP ini rata-rata 50 liter perdetik.

Dibanding pasokan air dan jumlah pelanggan, masih jauh dari kebutuhan, ungkap Kepala KCP Cibarusah Ganjar Munandar, kemarin. Idealnya, untuk memenuhi air terhadap 8447 pelanggan, setidaknya 100 liter perdetik. Namun karena pasokan air minim, maka pelayanan air ke pelanggam, terpaksa digilir.

“Semoga saja kalau sudah kantor cabang, pasokan air bertambah karena di dua wilayah kecamatan itu, potensi pelanggan ratusan ribu kepala keluarga,” ujar Ganjar.

Dari puluhan kompleks perumahan di dua wilayah kecamatan itu, baru empat perumahan yang terlayani air bersih dari PDAM. Itu pun belum secara menyeluruh warga empat perumahan terlayani akibat pasokan air yang masih minim.

Di daerah Kecamatan Cibarusah dan Serangbaru, air baku buat diolah menjadi air bersih, tidak ada. “Sumber air baku tidak ada dan harus disuplai dari Cabang Cikarang Selatan, Ganjar menambahkan,” Ganjar menambahkan. (jon)