Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi Bekasi pada tahun 2021 menargetkan  penambahan kapasitas produksi menjadi 3.846 liter per detik atau 119.656.678 m³ per detik, dengan membangun Instalasi Pengolahan Air (IPA) baru.

Selain membangun IPA baru, dijalin juga kerja sama dengan badan usaha swasta berupa pembelian air curah.

“Prinsipnya  kerjasama dengan badan usaha swasta  itu saling menguntungkan,” ujar Direktur Teknik PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi Johny Dewanto, Senin (1/2/2021).

Sebagaimana diketahui, kerja sama dengan badan usaha swasta tersebut, sesuai Peraturan Pemerintah (PP) nomor 122 tahun 2015 tentang Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 38 tahun 2018 tentang kerja sama pemerintah dengan badan usaha dalam penyediaan infrastruktur.

Kerja sama ini juga mengacu pada peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  nomor 19/PRT/M/2016 tentang Pemberian Dukungan oleh Pemerintah  Pusat dan atau Pemerintah Daerah dalam kerjasama penyelanggaraan SPAM.

Upaya yang dilakukan oleh manajemen PDAM ini, termasuk  meningkatkan pengoperasian dan pemeliharaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) secara efektif dan efisien. Tujuannya, dapat  meningkatkan kinerja PDAM dan pelayanan air minum bagi masyarat pelanggan.

Hingga saat ini, kapasitas produksi air bersih PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi sekitar 3.500 liter per detik termasuk kerja sama dengan pembelian air curah dengan badan usaha swasta. (tim media)