Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyampaikan Sistem Penyediaan Air Minum Regional Jatiluhur I akan dibangun mulai Agustus 2021 dan ditargetkan rampung Februari 2024. SPAM tersebut mampu menyumbang air bersih sebanyak 4.750 liter/detik bagi warga Jakarta.

“4750 liter/detik ini sebetulnya masih sangat kurang bagi Jakarta. Namun, ini juga bukan sumbangan yang sedikit untuk melayani kebutuhan warga Jakarta akan air bersih,” ucap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam sambutannya di acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha SPAM Regional Jatiluhur I di Auditorium Kempupera, Jumat (19/2/2021).

Pembangunan SPAM Jatiluhur I akan melintasi perpipaan dari Water Treatment Plant Bekasi kemudian dibawa ke Sentra Timur, sehingga menjamin kualitas air menjadi lebih baik.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur PUPR Eko Djoeli Heripoerwanto menyatakan, setelah dilaksanakan penandatanganan SPAM Regional Jatiluhur I, badan usaha pelaksana akan segera melakukan pemenuhan persayaratan pendahuluan termasuk pemenuhan pembiayaan atau “financial close”.

Rencananya dimulai dari minggu ketiga Februari ini sampai minggu kedua Agustus 2021. Selanjutnya, proses konstruksi dimulai pada Agustus 2021 sampai Februari 2024 dengan perkiraan jangka waktu konstruksi selama 2,5 tahun.

Sumber : beritasatu.com