Berita PDAMBerita TerkiniKehumasan

PLN Marunda jamin Kontinuitas Pasokan Listrik PDAM Pondok Ungu

Sebanyak 19.600 pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bhagasasi yang
dilayani kantor cabang Pondok Ungu boleh berlega hati. Kini pasokan air
bersih ke rumah pelanggan terjamin kontinuitasnya.
Hal tersebut dimungkinkan setelah Kantor PDAM Cabang Pondok Ungu
mendapatkan pasokan listrik premium dari Perusahaan Listrik Negara *Unit*
Pelaksana Pelayanan Pelanggan Marunda.
“Pelanggan yang masuk kategori premium kami jamin kontinuitas pasokan
listriknya, sehingga diharapkan tidak mengganggu proses produksi hingga
distribusi air bersih kepada masyarakat,” ucap Manajer PLN UP3 Marunda
Nayusrizal.

Ia menyampaikan hal tersebut usai meresmikan trafo listrik baru di Kantor
PDAM Cabang Pondok Ungu, Senin (8/10/2018).
Nayusrizal mengatakan, PDAM Cabang Pondok Ungu masuk kategori pelanggan
silver premium. Pelanggan kategori ini dipasok listrik dari dua trafo
berbeda, bahkan dari dua gardu induk yang berbeda, yakni gardu Harapan
Indah dengan Marunda. Dengan dipasoknya listrik dari dua gardu berbeda
tersebut, kontinuitas pasokan listrik untuk memenuhi kebutuhan Kantor PDAM
Cabang Pondok Ungu terjamin.

“Jika terjadi gangguan di salah satu gardu, pasokan listrik akan berpindah
dari gardu lain secara otomatis dalam waktu 0,2 detik,” katanya.
Dengan layanan premium ini, Nayusrizal mengatakan, PDAM Pondok Ungu harus
membayar tarif lebih mahal Rp 55/kwh yang digunakan. Selama ini, daya
listrik yang dikonsumsi PDAM Pondok Ungu berkisar 865 kVA.
“Memang lebih mahal daripada tarif listrik pelanggan reguler dikarenakan
keandalan layanannya tadi. Namun jika dikalkulasi, ini masih lebih murah
daripada investasi berikut pemeliharaan genset untuk digunakan bilamana
pasokan listrik mengalami gangguan,” ucapnya.

Kepala PDAM Cabang Pondok Ungu Ade Slamet membenarkan hal tersebut.
“Memang besar biayanya jika harus mengoperasikan genset saat listrik padam.
Lagipula sekarang gensetnya rusak, sehingga layanan premium PLN dengan
jaminan pasokannya ini sangat besar manfaatnya,” katanya.
Slamet mengatakan, di wilayah kerjanya, pemadaman listrik memang tak sering
terjadi. Namun jika terjadi pemadaman, bisa berlangsung hingga empat jam
lamanya.

“Saat genset masih bisa digunakan, paling kami manfaatkan untuk
mendistribusikan air ke pelanggan. Adapun produksi, dihentikan sementara
sembari menunggu pasokan listrik kembali pulih,” katanya.
Kini, dengan jaminan pasokan listrik dari PLN, Slamet optimistis
kontinuitas distribusi air bersih kepada pelanggan bisa lebih baik. (NAY)***

 

#pdam #tukangair #tukangledeng #tirtabhagasasi #perpamsi #humas #berita #informasi #kabbekasi #kotabekasi #bekasi #cikarang #2018 #infobekasi #infopdam #layanan #pusatinformasi

Sumber : (NAY)***