Pemprov Jabar lakukan penataan aliran sungai hingga danau sebagai salah satu cara untuk mencegah banjir dan memaksimalkan pengairan yang bertujuan untuk memberikan edukasi bagi masyarakat tentang menjaga kualitas dan ketersediaan air sebagai sumber kehidupan tersebut.

Kepala Dinas Sumber Daya Air Dikky Achmad Sidik mengatakan, sejak 2019 pihaknya terus melakukan penataan dan revitalisasi terhadap sejumlah situ, waduk dan saluran multifungsi. Keberadaan sungai dan danau di Jabar akan disulap sebagai yang dapat menumbuhkan ekonomi dan budaya.

“Contohnya sempadan di Sungai Citarum di Kabupaten Bandung, Kalimalang di Bekasi, Situ Ciburuy di Kabupaten Bandung Barat, Waduk Darma di Kuningan dan Rawakalong di Depok,” katanya.

Tahun ini, pihaknya merevitalisasi Situ Wangi di Kabupaten Ciamis dan Situ Gede di Bogor. Penataan fisik dilakukan dengan memaksimalkan sempadan sebagai ruang publik.

Dengan adanya penataan ini, ia berharap keberadaan situ tersebut bisa memberikan nilai tambah baik dalam pengelolaan maupun pemanfaatan sumber daya air. Bahkan, bisa menjadi pusat aktivitas masyarakat khususnya menyangkut pariwisata, kebudayaan, dan edukasi.

Sumber : detik.com