“Pelatihan Penyusunan Rencana Bisnis” PDAM Tirta Bhagasasi berlanjut Kamis (28/10/2021). Masih bertempat di GTV Hotel Delta Mas, pelatihan hari kedua menghadirkan Dani Budiman sebagai pembicara.

Kali ini, Dani menyampaikan materi tentang pentingnya melakukan ‘Real Demand Survey’ sebelum menyusun rencana bisnis. Dengan dilakukan survey terlebih dahulu, perusahaan akan lebih terarah saat menyusun rencana bisnis karena sudah mengetahui situasi dan kebutuhan di lapangan.

“Wilayah survey dilakukan di wilayah yang sebelumnya belum terlayani dan akan dikembangkan. Pertimbangan wilayah yang disurvey bisa berdasarkan kondisi kesehatan masyarakat di sekitarnya yang relatif buruk atau bahkan rawan ketersediaan air bersihnya,” kata Dani.

Agar mendapatkan hasil maksimal, survey idealnya dilakukan oleh petugas yang paham situasi wilayah yang akan didatangi. Lebih baik lagi jika petugas bersangkutan menguasai bahasa daerah setempat demi memudahkan pendekatan dengan masyarakat calon responden.

Survey dilakukan sedetail mungkin terhadap responden. Semakin detail hasil survey, akan diketahui wilayah tersebut berpotensi atau tidaknya untuk dikembangkan. (tim media)