Berikut Ini Cara Cek Meteran PDAM Yang Baik Dan Benar

KANTOR PUSAT PDAM TIRTA BHAGASASI

Water meter PDAM adalah alat pengukur volume air yang masuk ke rumah pelanggan melalui pipa distribusi PDAM. Dengan memasang water meter, kita dapat memantau jumlah air yang kita gunakan setiap bulannya. Ini dapat membantu kita mengontrol penggunaan air sehingga lebih hemat dan bertanggung jawab.

Cara Membaca Water Meter PDAM

Berikut Ini Cara Cek Meteran PDAM Yang Baik Dan Benar

Sebelum mengetahui bagaimana Cara Cek Meteran PDAM, alangkah baiknya untuk pelanggan mengenali bagian-bagian meteran PDAM terlebih dahulu:

  • Indeks Hitam: Menunjukkan angka dalam satuan meter kubik (m3), yang merupakan dasar perhitungan tagihan.
  • Indeks Merah: Menunjukkan angka dalam satuan liter, digunakan untuk pengujian meteran air.
  • Indikator Aliran: Gerigi kecil yang berputar saat air mengalir. Perhatikan apakah indikator berputar saat tidak ada air yang digunakan, yang menandakan ada kebocoran setelah meter (di dalam rumah pelanggan).

Catat Angka Meteran Setiap Bulan:

Pentingnya untuk mencatat setiap bulan pemakaian pelanggan, untuk menghindari stand meter melonjak.

  • Catat angka pada indeks hitam sebelum dan setelah penggunaan air selama periode tertentu. Pelanggan
  • Selisih angka tersebut menunjukkan volume air yang digunakan dalam periode tersebut.

Berikut ini contoh cara membaca pemakaian air dimana pada contoh dibawah ini angka yang ada di meteran pelanggan sebagai contoh 41 m3.

Stand AwalTanggal BacaStand AkhirTanggal Baca
41 m33 Maret 202453 m31 April 2024

Cara menghitungnya:

Stand Akhir – Stand Awal = Total Pemakaian Berjalan
53 m3 – 41 m3 = 12 m3
Total Pemakaian = 12 m3

Berarti, pemakaian bulan maret yang terhitung dari tanggal 3 Maret 2024 sampai 1 April 2024 sebanyak 12 m3. Dimana, pemakaian bulan maret ini akan menjadi rekening tagihan air dibulan April 2024.

Cara Merawat Water Meter PDAM

  • Jaga Kebersihan: Bersihkan area di sekitar meteran air dari kotoran dan debu.
  • Lindungi dari Benturan: Hindari benturan pada meteran air.
  • Pastikan Bebas Gangguan: Jauhkan meteran air dari benda-benda yang dapat mengganggu kinerjanya.
  • Jangan menimbun atau melakukan tindakan yang membuat water meter tersebut menjadi cepat rusak.
  • Laporkan Kerusakan: Segera laporkan jika meteran air rusak atau bocor ke nomor Whatsapp kami: 0821-1559-3625.

Penting juga untuk menjaga kebersihan water meter dengan membersihkannya dari kotoran dan kerak yang bisa menumpuk di dalamnya. Gunakan sikat atau lap bersih untuk membersihkan permukaan meteran secara lembut. Dengan merawat dan membersihkan water meter PDAM dengan baik, kita dapat memastikan penggunaan air yang efisien dan akurat, serta meminimalisir kerusakan pada perangkat tersebut.

Penting untuk di ingat dan diketahui oleh pelanggan Perumda Tirta Bhagasasi untuk tidak melepas segel water meter.

Tips Tambahan:

  • Catat Angka Sebelum dan Sesudah setiap bulannya: Memiliki catatan stand awal dan stand akhir dapat membantu pelanggan dalam melacak konsumsi pemakaian air dan mendeteksi potensi kebocoran.
  • Periksa meteran air secara berkala: Pastikan meteran air pelanggan dalam kondisi baik dan tidak ada kebocoran setelah meter.
  • Laporkan kebocoran atau kerusakan meteran air sesegera mungkin: Tindakan cepat dapat membantu pelanggan dalam menghindari tagihan air yang tinggi dan kerusakan meteran air yang lebih parah. Pelanggan dapat menghubungi kami baik melalui email customercare@tirtabhagasasi.co.id maupun whatsapp 0821-1559-3625.

Pelanggan Perumda Tirta Bhagasasi dapat menggunakan Aplikasi Catat Meter Mandiri setiap tanggal 20-25 (bulan berjalan) untuk melihat hasil foto petugas catat meter setiap bulannya. Selain itu, pelanggan juga dapat mengetahui kapan petugas catat meter datang ke rumah pelanggan setiap bulannya dengan aplikasi tersebut. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai Aplikasi Catat Meter Mandiri Perumda Tirta Bhagasasi: Catat Meter Mandiri