Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bhagasasi Bekasi menetapkan 11 langkah strategis dalam upaya memajukan dan mengembangkan usaha dan pelayanan air bersih kepada masyarakat. Langkah itu tertuang dalam perencanaan binis tahun 2023-2027.
Penjelasan itu disampaikan Direktur Utama PDAM Tirta Bhagasasi Usep Rahman Salim, baru-baru ini, terkait tahapan-tahapan renbis yang diterapkan dalam Rencana Kerja dan Anggaran setiap tahunnya.
Adapun langkah strategis tersebut adalah:
- Meningkatkan kualitas sistem manajemen perusahaan dalam tata kelola perusahaan.
- Mendorong Pemerintah Daerah untuk menerbitkan Peraturan Daerah yang mendukung PDAM.
- Melakukan langkah-langkah program penurunan kehilangan air.
- Meningkatkan cakupan pelayanan.
- Mengupayakan sumber pendanaan untuk pengembangan perusahaan, baik melalui bantuan pemerintah daerah maupun investasi swasta.
- Menambah jaringan pipa transmisi/distribusi untuk pengembangan pelayanan.
- Pengembangan sistem Teknologi Informasi yang terintegrasi.
- Meningkatkan keandalan sistem pelayanan.
- Meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia.
- Pembuatan nota kesepakatan/kesepahaman dengan pihak terkait dalam hal perizinan.
- Reklasifikasi pelanggan dan penyesuaian tarif secara bertahap sesuai aturan yang berlaku.
Sebagaimana diketahui, BUMD Pemerintah Kabupaten Bekasi ini terus berupaya meningkatkan cakupan pelayanan kepada masyarakat. Ditargetkan, cakupan layanan bagi masyarakat di Kabupaten Bekasi 60 sampai 70 persen pada tahun 2027. (tim media)