Sambut HUT ke-43 Perumda Tirta Bhagasasi, 80 Karyawan Ikut Donor Darah

Donor Darah Hari Jadi Ke-43 Perumda Tirta Bhagasasi

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-43 Perusahaan Umum Daerah Tirta Bhagasasi, Badan Usaha Milik Daerah Pemerintah Kabupaten Bekasi itu berkerja sama dengan Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia Cabang Kabupaten Bekasi, menyelenggarakan donor darah.

Pelaksanaan donor digelar Kamis (12/9/2024), di Kantor Pusat Perumda Tirta Bhagasasi, Kecamatan Cikarang Pusat Bekasi. Adapun peserta donor ialah para karyawan yang bertugas di kantor pusat, kantor-kantor cabang, dan kantor cabang pembantu

“Dari 120 orang yang mendaftar, sebanyak 80 orang berhasil donor,” ungkap Koordinator Donor Darah Perusahaan Umum Daerah Tirta Bhagasasi Ari Bayu P.

Sebelum diambil darahnya, calon pendonor terlebih dahulu diperiksa kesehatannya oleh tim medis PMI untuk memastikan apakah mereka layak untuk donor.

Kepala Sub Bagian Humas dan Protokol pada Bagian Hukum dan Humas Perumda Tirta Bhagasasi Hasan Basri menjelaskan, kegiatan donor darah seperti ini dilakukan setiap tahun saat peringatan HUT perusahaan.

“Ini agenda rutin setiap tahun yang dalam pelaksanaannya berkerja sama dengan PMI Kabupaten Bekasi. Jadi darah hasil donor sepenuhnya pendistribusiannya menjadi kewenangan PMI,” katanya.

Pada kesempatan itu, Direktur Teknik Perumda Tirta Bhagasasi Johny Dewanto turut  menyumbangkan darahnya. Kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin setiap tahun pada  peringatan HUT perusahaan.

“Ini salah satu bentuk kepedulian sosial dari para pegawai untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah, dan dilaksanakan tiap tahun,” katanya.

Sementara itu, dr. Adinda Nurani Putri dadi PMI Kabupaten Bekasi menjelaskan, pihaknya rata-rata berhasil mengumpulkan 1.600 kantong per bulan. Peserta donor, ada dari perorangan, karyawan beberapa perusahaan yang ada di kawasan industri Bekasi, serta dari lembaga lainnya.

Dari rata-rata 1.600 kantong darah dari pendonor, terbanyak golongan darah AB, B, dan O. Untuk golongan darah A agak lebih sedikit dibanding golongan darah lainnya. (tim media)