Dewas Perumda Tirta Bhagasasi Gelar Kunjungan Lapangan

Dewas Perumda Tirta Bhagasasi Gelar Kunjungan Lapangan Cabang Babelan

Anggota Dewan Pengawas Perumda Tirta Bhagasasi Bekasi melaksanakan kunjungan kerja lapangan. Kali ini, melihat secara dekat terkait pelayanan dan kondisi riil lapangan, serta ingin mengetahui potensi di Kantor Cabang dan Kantor Cabang Pembantu.

Tidak hanya kondisi riil dan potensi yang ingin diketahui. Tapi juga kendala atau permasalahan yang dihadapi. Dengan mengetahui hal itu, Kuasa Pengguna Anggaran dalam hal ini Pj Bupati Bekasi bersama jajaran direksi, dapat melakukan analisis dan kajian untuk perbaikan ke depan.

Penjelasan itu diungkapkan Anggota Dewas Perumda Tirta Bhagasasi Rahmad Damanhuri saat mengunjungi Kantor Perumda Tirta Bhagasasi Cabang Babelan dan KCP Tambun Utara, Rabu (12/6/2024).

“Selain menjalin silaturahmi dan saling mengenal, kita juga ingin mengetahui kondisi riil,” kata Vijay panggilan akrab Rahmat Damanhuri.

Salah satu kendala dihadapi di Cabang Babelan dan KCP Tambun Utara, antara lain masalah ketersediaan air baku sebagai bahan utama dalam produksi air bersih. Kualitas dan kuantitas air baku terkendala. Saluran pengantar air baku, umumnya perlu perbaikan.

Di antaranya, perlu ada normalisasi saluran atau sungai untuk menjamin ketersediaan air baku. Sebab, jika kualitas dan kuantitas air baku tidak tersedia dengan baik, pasti berdampak pada produksi dan pelayanan yang kurang maksimal.

Dalam pertemuan dengan Kepala Cabang Babelan Rahmat Sugimo, diketahui bahwa yang bertanggung jawab atas ketersediaan dan kualitas air baku adalah Perum Jasa Tirta (PJT II).

Ke depan, ujar Vijay, perlu meningkatkan koordinasi dengan PJT II sehingga dapat menormalisasi saluran pengantar air baku yang saat ini banyak penyempitan dan pendangkalan saluran air.

Masalah kehilangan air atau kebocoran air yang masih tinggi, juga menjadi kendala di lapangan. Banyak penyebab kehilangan air. Di antaranya usia teknis jaringan pipa, kondisi water meter, dan adanya pencurian air atau ilegal connnection.

“Jadi masih banyak harus yang kita perbaiki di lapangan untuk peningkatan pelayanan,” ungkap Rahmad. (tim media)