Menparekraf Ajak Pelaku Usaha di Kabupaten Bekasi Untuk Terus Berinovasi

Menparekraf Ajak Pelaku Usaha di Kabupaten Bekasi Untuk Terus Berinovasi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengajak para pelaku usaha ekonomi kreatif di Jawa Barat, khususnya di Kabupaten Bekasi, untuk terus berinovasi. Terutama dengan memanfaatkan teknologi yang kian memudahkan para pelaku usaha untuk memasarkan produk unggulannya.

Dalam kunjungan terakhirnya di Kabupaten Bekasi, Sandiaga mengungkapkan bahwa peningkatan ekonomi kreatif dan wisata lokal di Indonesia sangat meningkat signifikan. Kemauan dan ketekukan yang diiringi dengan membaca peluang usaha sangat diperlukan bagi masyarakat untuk memajukan daerahnya, terlebih dengan dukungan pemerintah daerah. Di Kabupaten Bekasi, pertunjukan kesenian, kuliner, dan kriya menjadi potensi besar yang dapat dikembangkan.

“Wisata kita dapat membuka peluang menciptakan tenaga kerja, begitu pun pada ekonomi kreatif yang menjadi nilai tambah. Pengembangan ekonomi kreatif dan wisata tidak lepas dari strategi inovasi, adaptasi, dan kolaborasi,” terang Sandiaga.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi Iyan Priyatna mengatakan, Pemkab Bekasi tengah melakukan pengembangan ekonomi kreatif dan pariwisata, seperti wisata Situ Danau Cibereum, sejarah di Gedung Juang Tambun, dan wisata bahari di Pantai Bungin. Di luar itu, dikatakan Iyan, Kabupaten Bekasi juga didorong oleh berbagai kemudahan akses transportasi, sepeti kereta Commuterline dan Lintas Rel Terpadu.

“Ada enam destinasi wisata di Kabupaten Bekasi yang langsung digerakkan oleh masyarakat sekitar dan berkontribusi besar, seperti Sunge Jingkem di Sembilangan, Kawung Tilu di Cikarang Timur, Pesona Wanajaya di Cibitung, Situ Binong di Cikarang Pusat, dan Kampung Ciranggon,” tandas Iyan. (Tim Media)