Pos Pelayanan Adminduk Buka di Kantor Desa Karangsatria

Pos Pelayanan Adminduk Buka di Kantor Desa Karangsatria

Pemerintah Kabupaten Bekasi membuka Pos Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) di wilayah utara, yakni di Kantor Desa Karangsatria, Kecamatan Tambun Utara. Pelayanan Adminduk itu di MPP BTC Mall Bekasi itu dibuka sejak 16 Januari 2023 lalu. Lalu pada Rabu (9/10) pelayanan itu dipindah dan dibuka di Kantor Desa Karangsatria.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Bekasi, Carwinda mengatakan bahwa pemindahan layanan dari Kota ke Kabupaten Bekasi itu agar lebih dekat dengan pemukiman masyarakat. Sehingga memudahkan masyarakat secara jarak. Dan pembukaan layanan Adminduk ini, merupakan kerjasama pertama yang Disdukcapil dengan Desa.

“Lebih baik kita cari tempat yang bisa melayanani masyarakat lebih dekat. Nanti juga akan kita evaluasi karna antara SGC dengan mal pelayanan publik itu dekat jaraknya. Apakah dimungkinkan bagi masyarakat kita yang jauh seperti di Sukatani dengan Pebayuran, kan jauh betul itu. Apakah kami memungkinkan untuk bisa buka pos disana,” ucap Carwinda.

Carwinda terus berkomitmen membuka Pos Adminduk dititik-titik keramaian wilayah. Saat ini Pos Pelayanan Adminduk telah beroperasi dienam lokasi, diantaranya, Pos Adminduk di ruko Marakash Babelan, Mall Pelayanan Publik Lotte Mart, SGC, Pasar Central Lippo Cikarang dan Kantor Desa Karangsatria.

Setiap Pos Pelayanan Adminduk itu terdapat sepuluh layanan yang dapat diakses masyarakat. Diantaranya pembuatan Kartu Keluarga (KK), Perekaman KTP-El, Kartu Identitas Anak (KIA), Perpindahan Penduduk, Perubahan Data Identitas, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Perkawinan, Akta Perceraian dan Identitas Kependudukan Digital

“Pelayanan perekaman KTP-El dan permohonan akte kelahiran meningkat. Sedangkan, permohonan akte kematian paling sedikit dan ini sedang kita galakkan,” tandasnya. (Tim Media)