Perpamsi Jawa Barat Raih Hattrick Ajang Porpamnas VIII Makassar

Perpamsi Jawa Barat Raih Hattrick Ajang Porpamnas VIII Makassar

Perhimpunan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia Jawa Barat meraih Juara Umum di ajang Pekan Olahraga Antarperusahaan Air Minum Nasional VIII 2024 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Dengan hasil ini, Perpamsi Jawa Barat mencatatkan rekor hattrick, dengan mempertahankan gelar Juara Umum sebanyak tiga kali secara berturut-turut yakni Porpamnas VI 2019, Porpamnas VII 2022, dan Porpamnas VIII 2024.

Perjuangan para atlet Perpamsi Jawa Barat tak terlepas dari perjuangan atlet Perumda Tirta Bhagasasi Bekasi. Perusahaan daerah milik Pemkab Bekasi ini mengirim para atlet dari cabang olahraga tenis meja, bulutangkis, dan bola voli.

Tiga cabor ini sukses meraih medali emas, yang mengukuhkan Perpamsi Jawa Barat, semakin kokoh di puncak klasemen. Bahkan, perolehan medali emas terbanyak disumbang para atlet Perumda Tirta Bhagasasi Bekasi.

“Hasil ini sudah melebihi ekspektasi dari target awal kami sebagai juara umum,” ujar Ketua Badan Pembina Olahraga Perumda Tirta Bhagasasi Bekasi Ganjar Munandar, Kamis (8/8/2024).

Dia menjelaskan, pada gelaran Porpamnas VII 2022, Perpamsi Jawa Barat memperoleh 12 medali emas dan sekarang 14 medali emas. Ini artinya, ada peningkatan jumlah perolehan medali emas.

“Penyumbang emas terbanyak dari Perumda Tirta Bhagasasi Bekasi,” pungkasnya.

Hasil akhir ini, mencatatkan sejarah baru bagi Perpamsi Jawa Barat. Dari delapan kali gelaran Porpamnas, lima di antaranya direbut Jawa Barat sebagai Juara Umum Porpamnas.

Ajang Porpamnas VIII Makassar 2024 mempertandingkan tujuh cabor yang dihadiri oleh 1.111 peserta; 250 direksi perusahaan air minum; sembilan kuasa pemilik modal; 27 provinsi; serta dihadiri para Dewan Pengawas perusahaan air minum.

Porpamnas IX direncanakan digelar di IKN, Kalimantan Timur, dua tahun mendatang. (tim media)

Berikut lima besar klasemen akhir perolehan medali Porpamnas VIII Makassar:

  1. Jawa Barat (14 emas; 3 perak dan 3 perunggu)
  2. Jawa Timur (4 emas dan 3 perunggu)
  3. Jakarta (2 emas dan 1 perak)
  4. Nusa Tenggara Barat (1 emas; 5 perak dan 3 perunggu)
  5. Kalimantan Selatan (1 emas; 2 perak dan 1 perunggu)