Kabupaten Bekasi Jadi Wilayah Pengembangan Mobil Listrik di Indonesia

Kabupaten Bekasi menjadi satu-satunya wilayah pengembangan mobil listrik yang dilakukan PT Hyundai Manufacturing Motor Indonesia di Cikarang Pusat. Pengembangan mobil listrik berjenis All New Kona Electric ini menjadi kendaraan listrik pertama buatan Indonesia yang dirakit dan diuji coba di Kabupaten Bekasi.

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan, perakitan baterai dan kendaraan listrik di Kabupaten Bekasi ini akan memberikan dampak positif bagi lingkungan, tenaga kerja lokal, dan perekonomian Kabupaten Bekasi.

“Selama 2024 ini setidaknya ada 1.000 calon tenaga kerja lokal untuk mengikuti pelatihan di Hyundai Academy. Pemkab Bekasi berharap seluruh lulusan SMK ini dapat bekerja di bidang pengembangan kendaraan listrik ini,” ucap Dani.

Menurutnya, peluang industri otomotif di Kabupaten Bekasi sangatlah besar. Pengembangan usaha ini dapat dijadikan contoh oleh perusahaan-perusahaan lain di Kabupaten Bekasi untuk terus berinovasi guna mewujudkan green ekonomi.

“Pemkab Bekasi merasa bangga dengan pengembangan produksi mobil listrik pertama di Indonesia ini, apalagi pembuatan baterainya di Kabupaten Bekasi. Tentu akan membawa nama Kabupaten Bekasi mendunia,” tandas Dani. (Tim Media)