Petani di Kabupaten Bekasi Dilatih Gunakan Drone Semprotkan Pestisida

Puluhan Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan se-Kabupaten Bekasi dan kelompok petani Kecamatan Sukakarya mendapat pelatihan menerbangkan drone untuk membasmi hama pada tanaman padi di Desa Sukamakmur, Kamis (27/6/2024).

Pemanfaatan teknologi itu merupakan inovasi baru yang dinilai lebih efisien dalam penyemprotan pestisida. Pelatihan yang dilakukan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi ini guna menyiapkan para petani untuk lebih memanfaatkan teknologi yang kian berkembang.

Ketua Gabungan Kelompok Tani Desa Sukamakmur Cahya Dadang Saleh Manaf mengatakan penggunaan drone untuk menyemprotkan cairan pestisida ini sangat membantu para petani dari segi waktu dan tenaga.

“Tentunya dengan adanya penyemprotan menggunakan drone, itu membantu dan waktu lebih efektif karena drone bisa menjangkau beberapa hektare dalam waktu 1 jam. Bahkan bisa tepat waktu, contohnya saat ada serangan hama, kami langsung siapkan alat dronenya bisa langsung terbang,” ucap Cahya.

Sementara Operator Drone Maxxi Tani Gifari mengungkapkan, dalam waktu 10 menit drone khusus itu dapat menyemprotkan cairan pestisida sebanyak 20 liter.

“Di tahun ini baru di daerah sini. Hari ini pelatihan menyemprotkan pestisida pengendali hama. 1 baterai bisa mengcover 3.000 sampai 4.000 meter. Kalau 1 hektare bisa 3 kali terbang,” tandas Gifari. (Tim Media)