Pemerintahan Joko Widodo selama tahun 2021 ini  berencana  membangun 75 bendungan di berbagai daerah. Bendungan-bendungan itu ditargetkan rampung tahun 2024.  Tujuannya untuk kepentingan pertanian dan pariwisata di Indonesia. Adapun pelaksananya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Bendungan memiliki banyak fungsi, sehingga menjadi fokus kami untuk bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. Hingga 2024, paling tidak 75 bendungan akan kami bangun,” ujar Direktur Bendungan dan Danau, Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Airlangga Mardjono, belum lama ini.

Bendungan berfungsi menampung air saat musim hujan, dan dapat menyuplai air baku bagi warga perkotaan, juga  pembangkit tenaga listrik.

Saat ini, sudah ada 18 bendungan di Indonesia yang sudah beroperasi, 46 bendungan yang sedang dalam pengerjaan, dan 7 bendungan  yang sudah ada membutuhkan pengelolaan yang penuh kehati-hatian. Bendungan, juga dapat digunakan sebagai penyuplai air baku untuk produksi air bersih PDAM.  (tim media)