Guna memperlancar komunikasi dengan pelanggan, perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi pada awal Februari ini meluncurkan Call Center.

Sistem baru ini diterapkan oleh PDAM Tirta Bhagasasi guna memaksimalkan pelayanan bagi pelanggan. Dengan jumlah pelanggan yang mencapai 170.140 tentu bukan hal yang mudah untuk melayani semua pelanggan tersebut. Namun juga bukan hal yang mustahil untuk memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan.

Pembangunan Call Center bertujuan menjadi pusat layanan terhadap keluhan, masalah dan gangguan yang dihadapi pelanggan, serta membantu memberikan informasi dan solusi terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi pelanggan. Bukan itu saja, Call Center juga merangkap fungsinya yaitu menghasilkan database permasalahan dan solusi yang diberikan kepada pelanggan sehingga dapat digunakan sebagai acuan dalam penyelesaian masalah yang dihadapi pelanggan tersebut bila timbul atau terulang lagi.

Dengan layanan yang baru ini diharapkan PDAM Tirta Bhagasasi melangkah pada perwujudan perusahaan yang profesional. Perusahaan yang menjalankan bisnis air minum yang berorientasi pada kepuasan stakeholder yang memberikan nilai bagi pemilik, karyawan dan masyarakat Bekasi.

Saat ini pengaduan pelanggan bisa melaluui berbagai cara. Pelanggan bisa datang ke Customer Service atau tatap muka dan mengadukan tentang berbagai keluhannya.

Namun karena perkembangan teknologi dan juga terbatasnya waktu pelanggan untuk bisa menyambangi Customer Service tersebut, PDAM Tirta Bhagasasi membuka layanan Call Center sendiri yang merupakan jembatan bagi komunikasi antara PDAM Tirta Bhagasasi dengan para pelanggan.

Adapun sistem yang telah ada adalah Call Center dengan pelayanan operator langsung serta SMS Gateway. Call Center dengan layanan operator terdiri dari tiga line telepon sistem hunting pada nomor (021)8885.6666. Operator dari Call Center ini akan melayani sesuai dengan jam kerja pada umumnya.

Waktu Layanan Operator Customer Service Langsung

  1. Hari Senin s/d Kamis mulai pukul 08:00 WIB s/d 15.00 WIB
  2. Hari Jum’at mulai seperti hari biasa dengan jeda istirahat dari pukul 11:30 WIB s/d 12:30
  3. Hari Sabtu mulai pukul 08:00 WIB s/d 12:00 WIB

Sistem Operator Pelayanan Otomatis Komputer

Pelanggan dapat menghubungi PDAM Tirta Bhagasasi dengan cara menelepon bagian Customer Service. Sistem ini memiliki dua layanan, yaitu dapat langsung dengan operator dan dapat juga terhubung dengan sistem komputer. Untuk operator manual, langsung dilayani oleh Dina Lusiana atau Dian Pramesti. Di bawah komando Teddy T. Syam, para operator ini akan melayani dengan ramah kepada semua pelanggan yang terhubung.

Untuk nomor Customer Service PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi adalah:

  1. (021) 8885.6666 (nomor utama) hunting

Waktu Pelayanan Otomatis Komputer adalah 24 jam setiap harinya, kecuali pelayanan operator disesuaikan dengan hari kerja / jam kerja dari jadwal piket, yaitu:

  1. Hari Senin s/d Jum’at : mulai pukul 08:00 WIB s/d 16:00 WIB
  2. Hari Sabtu : mulai pukul 08:00 s/d 14.00 WIB

Sedangkan untuk hari Minggu dan libur lainnya akan dilayani oleh sistem komputerisasi.
Setiap panggilan yang masuk, kali pertama akan diterima dengan sitem komputerisasi dan kemudian sistem akan membimbing penelepon untuk mendapatkan informasi atau bantuan yang diperlukan.
Menu-menu yang tersedia dalam sistem komputerisasi Call Center adalah sebagai berikut:

Greeting: “Selamat datang di Call Center Pelayanan Pelanggan PDAM Tirta Bhagasasi,”

– Tekan 1 untuk Informasi Tagihan

* Tekan 1 untuk Informasi Tagihan Bulan berjalan, Masukkan 11 digit nomor sambung pelanggan anda diakhiri tanda # Nomor Pelanggan Anda adalah [……………………..] tekan 1 jika benar. Tekan 2 jika salah. Mohon tunggu sistem kami akan memproses data Anda. Tagihan Anda di bulan [……………..] adalah sebesar [………………] rupiah.

* Tekan 2 untuk Perincian Tagihan, Masukkan 11 digit nomor sambung pelanggan anda diakhiri tanda # Nomor Pelanggan Anda adalah [……………………..] tekan 1 jika benar. Tekan 2 jika salah Mohon tunggu sistem kami akan memproses data Anda. Tagihan Anda di bulan […………], […………], […………] dst adalah sebesar […………] rupiah.

* Tekan 3 untuk mengulang informasi ini

* Tekan 4 untuk kembali ke menu utama, atau

* Tekan 0 untuk mengakhiri.

– Tekan 2 untuk Pelayanan Gangguan Mohon tunggu sistem kami akan memproses data Anda (dalam proses terhubung dengan operator). Pada saat pengaduan masuk di luar jam kerja, sistem secara otomatis akan meminta nomor sambung pelanggan untuk identifikasi dan kemudian sistem akan mengirimkan melalui SMS nomor telepon serta nomor sambung pelanggan ke nomor telepon yang telah ditentukan (Kepada Cabang Wilayah Pelayanan terkait).

– Tekan 3 untuk informasi lainnya

* Tekan 1 untuk Informasi Penyambungan kembali
Syarat Penyambungan Kembali
1. Melunasi seluruh tunggakan
2. Membayar biaya penyambungan kembali

* Tekan 2 untuk Balik Nama

Syarat dari Balik Nama adalah

1. Tidak ada tunggakan rekening

2. Fotokopi rekening terakhir

3. Fotokopi KTP

4. Mengisi Formulir Balik Nama

5. Membayar Biaya Balik Nama

– Tekan 4 untuk Informasi Pasang Baru

Syarat Pasang Baru adalah

1. Fotokopi KTP

2. Fotokopi Kartu Keluarga

3. Fotokopi SPPT PBB atau Sertifikat

4. Rekening Listrik Terakhir

5. Materai Rp 6.000,

6. Mengisi Formulir Pendaftaran dan Surat Pernyataan

Pendaftaran dapat dilakukan di seluruh kantor cabang dan unit wilayah pelayanan. Untuk transaksi pembayaran dapat dilaksanakan di seluruh loket-loket pembayaran.

– Tekan 5 untuk berbicara dengan operator kami
Masukkan 11 digit nomor sambung pelanggan Anda diakhiri dengan tanda #.
Tekan 1 jika benar
Tekan 2 jika salah.
Mohon tunggu sistem kami akan memproses data Anda.

Comments are closed.